Tingkatkan SDM Tentang Jurnalistik, AJK Rambah Kampus Politeknik | Ketapang -->

Maret 21, 2023

Tingkatkan SDM Tentang Jurnalistik, AJK Rambah Kampus Politeknik

Ketua AJK Theo Bernadhi (baju hitam) dan direktur Poltek Ketapang Irianto (baju putih) ketika tandatangan MoU dan pelatihan dasar Jurnalistik di kampus Poltek Ketapang, Salasa (21/03/23).
Ketapang, Kalbar - Organisasi wartawan lokal di Ketapang bernama Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) mulai masuk kampus.

AJK memberikan pembekalan pada puluhan mahasiswa di Politeknik Negeri (Poltek) Ketapang sekaligus penandatangan nota kesepahaman atau MoU di aula kampus Poltek Ketapang, Selasa (21/3/2023).

"Lewat MoU ini AJK dan Politeknik bekerjasama dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama dalam bidang pembelajaran dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Politeknik melalui pelatihan-pelatihan khususnya berkaitan dengan penulisan dan pengenalan jurnalistik,” kata ketua AJK, Theo Bernadhi, Selasa (21/03/23).

Kata Theo, kalau kegiatan AJK masuk kampus merupakan bagian dari cara menjaga konsistensi pihaknya untuk tidak sebatas menjadi wadah berkumpul dan advokasi anggota, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat termasuk lewat dunia pendidikan yakni lewat program AJK masuk kampus.

"Ini menjadi langkah awal untuk terus bersinergi dalam hal positif ke depannya,” ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Poltek Ketapang, Irianto menyambut baik program AJK masuk kampus yang perdana dilakukan di Poltek Ketapang. 

Dia berkata, kegiatan AJK masuk kampus tentu memberi manfaat bagi mahasiswa dan pihak kampus terutama dalam mengetahui apa saja produk jurnalistik dan penggunaan medias sosial yang benar.

“Apalagi mahasiswa menjadi pihak yang banyak menggunakan media sosial baik untuk kebutuhan publikasi momen sehari-hari atau penyebarluasan tulisan maupun berita, sehingga penting mereka mengetahui informasi seperti apa yang layak disebarluaskan dan apa saja produk jurnalistik,” kata dia. 

Menurut Irianto, penggunaan medsos di era yang semakin maju, semakin banyak aturan yang mengikat dan mengatur penggunaan media sosial agar tidak kebablasan dan merugikan diri sendiri serta orang ramai.

“Termasuk melalui pelatihan-pelatihan penulisan tentu dapat bermanfaat dalam pembuatan tugas akhir atau prakter kerja," ujarnya. 

Irianto berharap, setiap kegiatan Politeknik atau kemahasiswaan di setiap prodi yang memang memerlukan narasumber berkaitan dengan penulisan hingga produk jurnalistik maka tentu dapat dibantu dengan mendatangkan narasumber dari pihak AJK.

“Misalkan seperti kuliah tamu atau agenda himpunan mahasiswa yang berkaitan dengan jurnalistik, maka rekan-rekan AJK bisa hadir memberikan dan membagikan pengetahuan dan pengalamannya,” kata Irianto. 

(Muzahidin/R. Hermanto)

Berita ini telah ditayangkan di Media Borneo dengan Judul Tingkatkan SDM Tentang Jurnalistik, AJK Rambah Kampus Politeknik , Link: https://www.borneotribun.com/2023/03/tingkatkan-sdm-tentang-jurnalistik-ajk.html

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar