Wakil Bupati Ketapang Hadiri Program Ruang Hijau Taman Merdeka | Ketapang -->

Juni 19, 2021

Wakil Bupati Ketapang Hadiri Program Ruang Hijau Taman Merdeka

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan SE.,M.Si Saat Memberikan sambutan.(photo;Joko)

 

Borneo Tribun Ketapang - Wakil Bupati Ketapang, H.Farhan SE,M.Si, hadir sekaligus menyaksikan program bantuan ruang hijau Taman Merdeka yang diserahkan lansung Manager PLN UP3 Ketapang, Sanggam Sinaga kepada Kepala Dinas Perkim dan LH, Dennery ST, pada Jumat (18/6/2021) Sore.



Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan peresmian pusat kuliner di Kabupaten Ketapang.


Farhan mengatakan, bahwa ide tersebut sebenarnya telah digagas dalam dua tahun belakangan ini, yang mana menurutnya, ide ini muncul berangkat dari adanya rasa keterpanggilan untuk menghidupkan kembali kawasan Taman Merdeka ini yang dilihat di kawasan tersebut belakangan menjadi tempat yang kurang berkembang.

Farhan menerangkan, dari perspektif lingkungan maupun estetika jelas keadaan ini kurang menguntungkan bagi pemilik ruko yang ada di kawasan Jalan Merdeka.

"Hal inilah yang mendasari pembangunan pusat kuliner agar tercipta momen yang baik, atau ruang dan waktu bagi publik dan para pihak untuk bersatu, bahu membahu dan berdedikasi untuk mengembalikan image kawasan tersebut," ungkap Farhan.

Farhan menjelaskan, namun demikian, sudah barang tentu bukan itu alasan satu- satunya memperkenalkan kawasan Jalan Merdeka sebagai pusat kuliner. Hal ini disebabkan karena adanya segenap potensi yang ada di dalamnya, yaitu adanya potensi pariwisata dan lapangan kerja yang tidak kalah utama serta akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kemudian, Farhan melanjutkan, sesuai rencana tata ruang Kabupaten Ketapang, kawasan Jalan Merdeka memang merupakan kawasan peruntukan perdagangan dan jasa.

"Hal ini penting disampaikan untuk mempertegas komitmen pemerintah daerah bersama mentaati proses, dan mekanisme yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

Pada kesempatan itu pun, Farhan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang sudah berpartisipasi dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) atau Tanggung jawab sosial perusahaan.

Dimana, dikatakan Farhan, program CSR tersebut dilakukan dengan penataan Taman Merdeka menjadi sebuah dukungan langsung terhadap terlaksananya rencana pusat kuliner di Jalan Merdeka.




"Dengan Taman Merdeka yang menjadi lebih cantik, bersih dan terang saat malam hari, maka menjadikan taman ini sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk menghabiskan waktu senggang. Kehadiran pengunjung yang meningkat di Taman Merdeka ini tentunya dapat berpengaruh pada peningkatan transaksi perekonomian di sekitar taman ini, khususnya kuliner," harap Farhan.

Selanjutnya, Farhan juga menyampaikan harapanya terhadap perangkat daerah yang terlibat bekerjasama agar terus dapat mendampingi, dan melakukan penambahan sarana prasarana yang diperlukan.

"Laksanakan secara bertahap untuk melihat dan memancing reaksi dari masyarakat. Jangan lupa melakukan juga pemeliharaan yang diperlukan," mintanya.

Demikian juga terhadap para pedagang, Farhan meminta agar mereka tetap disiplin menjaga dan menegakkan protokol kesehatan.

"Saya juga titip pesan untuk dapat kreatif dalam menu, lakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan ojek online misalnya. Jika perlu, manfaatkan izin mikro yang dimiliki untuk mendapatkan dukungan pendanaan, ini penting, manfaatnya pun kembali pada bapak-ibu pedagang sekalian,” ujar Farhan.

Sementara untuk Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Farhan menitipkan pembinaan oleh dinas tersebut yang dilakukan dengan memberikan bantuan promosi terkait pembiayaan untuk perkuatan modal.




"Untuk Dinas Perkim dan LH dapat melatih cara-cara penanganan sampah sesuai standar mutu yang dipersyaratkan, lakukan pemisahan sampah organik dan anorganik, jika perlu lakukan saringan antara sampah basah dengan kering," pesan Farhan terhadap Dinas Perkim dan LH Ketapang.***(jk)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar