Ajukan Penambahan Intake PDAM, Farhan; Jika Berhasil Maka 90 Persen Masyrakat Kota Kendawangan Dapat Nikmati Air Bersih

Wakil Bupati Ketapang H Farhan. SE.,M.Si

Borneo Tribun Ketapang - Pemerintah Kabupaten Ketapang tengah mengajukan penambahan intake (red: bangunan yang digunakan untuk penampungan air dari sungai atau mata air terbesar suatu daerah) PDAM ke pemerintah pusat dalam rangka menjamin ketersediaan air bersih di Kecamatan kendawangan.


Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si mengatakan, terdapat sumber air yang sangat bagus untuk diolah PDAM sehingga layak dikonsumsi oleh masyarakat. Sumber air tersebut menurut Beliau berada di Gunung Kediuk Kecamatan Kendawangan.

"Sumber air bersihnya ini hanya berjarak 19,5 km dari kota kecamatan. Sumber air bersihnya ada tiga sisi, yang terletak di dua Desa Mekar Utama dan Kendawangan Kiri, dan ada sisi juga yang mengarah ke Desa Banjar Sari," Papar Wabub.

Wabup Farhan mengatakan, sumber air yang akan dijadikan air baku PDAM itu adalah air terjun yang memilki empat tingkat.

"Kawasan itu merupakan kawasan hutan, di sekitar kawasan itu ada investasi berupa hutan tanaman industri yang dimiliki oleh PT Hutan Ketapang industri (HKI), dan saat sekarang itu tetap dilindungi."

Lebih lanjut, "Tapi kami sudah melihat juga bahwa sumber air bersih itu sudah dimanfaatkan oleh perusahaan HKI dalam rangka untuk memenuhi air bersih di camp perumahan karyawan mereka, kami sudah melihat itu dan sudah dimanfaatkan," Jelas Wabub lagi.

Wabub Farhan mengaharpkan, sumber air bersih itu dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kendawangan dan sekitarnya

"Ini telah kita usahakan
Kita mohonkan kepada pemerintah pusat perihal pendanaan pembangunan ke depan, melalui APBN," imbuhnya.

Wabub mengubgkapkan, Saat ini Pemerintah Kabupaten Ketapang Baru mampu menyediakan 51% air bersih untuk masyarakat yang ada di pusat Kecamatan Kendawangan.

"Jika proyek air bersih ini berhasil, maka 90 persen masyarakat kota Kendawangan akan dapat menikmati air bersih," pungkasnya. (Jok)

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini