Seminar DOB, Strategi Penataan Daerah Kabupaten Ketapang | Ketapang -->

September 28, 2022

Seminar DOB, Strategi Penataan Daerah Kabupaten Ketapang

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan. (BorneoTribune/Prokopim Setda Ketapang)
BorneoTribune, Ketapang - Pemerintah daerah Kabupaten Ketapang melakukan seminar Penataan Daerah Otonomi Baru sebagai langkah awal penyampaian usulan pemekaran wilayah. 

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan dan Sekretaris Daerah Alexander Wilyo membuka kegiatan tersebut yang dihadiri Ketua DPRD M Febriadi, Kapolres, Dandim dan jajaran pimpinan daerah di salah satu hotel pada Selasa (27/9/2022).

Adapun usulan pemekaran daerah baru yang nantinya bakal diusulkan ke pemerintah pusat menjadi kabupaten adalah kabupaten Jelai Kendawangan Raya, Kabupaten Matan Hulu dan Kabupaten Hulu Aik. 

Dalam penyampaiannya, wakil bupati Farhan mengatakan, pemekaran wilayah adalah sebagai salah satu strategi penataan daerah yang menjadi bagian program pembangunan prioritas daerah, mengingat kondisi geografis kabupaten Ketapang.

"Dengan kondisi geografis yang sangat luas maka pemekaran Kabupaten Ketapang menjadi tiga daerah otonomi baru mutlak dilakukan guna percepatan dan pemerataan pembangunan di Ketapang," kata Farhan dalam keteranganya melalui siaran prokopim Setda Ketapang, Selasa (27/09/22). 

Farhan berkata, dengan dilakukan kegiatan ini, agar dapat membuka wawasan bersama terkait isu-isu aktual bagi masyarakat, pemerintah daerah dan stakeholder mengenai manfaat pemekaran wilayah.

"Seminar ini dilaksanakan dalam rangka membuka wawasan kita, Pemerintah Daerah, masyarakat dan stakeholder terhadap isu-isu strategis terkini terkait pemekaran daerah,"kata Farhan

Untuk diketahui berikut ini adalah wilayah kecamatan yang dimekarkan menjadi kabupaten baru yaitu :

Kecamatan Kendawangan, Air Upas, Marau, Singkup dan Manis Mata dengan calon ibukota di Kedondong di kecamatan Kendawangan menjadi kabupaten Jelai Kendawangan Raya (JKR). 

Berikutnya, Kecamatan Tumbang Titi, Nanga Tayap, Jelai Hulu, Sungai Melayu Rayak, dan Pemahan, dengan Ibu Kota Kabupaten di Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang Titi menjadi kabupaten Matan Hulu (KMH)

Dan terkahir Kecamatan Sandai, Sungai Laur, Hulu Sungai, Simpang Dua dan Simpang Hulu, dengan letak Ibu Kota Kabupaten di Desa Randau Kecamatan Sandai menjadi kabupaten Hulu Aik (KHA).

Reporter: Muzahidin

Berita ini telah ditayangkan di Media Borneo dengan Judul Seminar DOB, Strategi Penataan Daerah Kabupaten Ketapang, Link: https://www.borneotribun.com/2022/09/seminar-dob-strategi-penataan-daerah.html

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar