Masih Tunggu Setahap Lagi, Kapal Ekpres Ketapang - Pontianak Siap Jalan

Kapal Penumpang cepat Al Firdaus Barokah 1 saat uji coba perjalanan di perairan Jungkat Pontianak beberapa waktu lalu.
Kapal Penumpang cepat Al Firdaus Barokah 1 saat uji coba perjalanan di perairan Jungkat Pontianak beberapa waktu lalu.

BorneoTribun, Ketapang - Kapal penumpang cepat expres Al Firdaus Barokah satu jurusan Ketapang Pontianak setahap lagi bakal beroperasi setelah dilakukan uji laik fungsi dan uji laik operasi dinyatakan tuntas oleh pihak marine (pelayaran). Proses itu merupakan tahap terakhir dilakukan sebelum mulai beroperasi. 

Kepala perwakilan PT Al Firdaus Barokah Ketapang H Ujang Talib menyampaikan kesiapan operasional kapal sudah 90 persen rampung, hanya diminta beberapa hal kecil terkait tekhnis untuk ditingkatkan.

"Kita sudah minta tim dari marine untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan kapal. Menurut mereka, ada beberapa hal yang kami diminta untuk diperbaiki. Dan saat ini sudah kita perbaiki sesuai arahan marine tersebut" kata H Ujang Talib, Selasa (9/08/22).

H Ujang Talib, Kepala perwakilan PT AFB Ketapang.
H Ujang Talib, Kepala perwakilan PT AFB Ketapang.

Dia mengatakan akan dilakukan lagi uji coba perjalanan agar kapal ekpress ini benar-benar dinyatakan aman dan layak dioperasikan. 

"InsyaAllah minggu ini kami akan lakukan uji coba jalan dulu. Setelah semuanya fix, baru kita mulai pelayaran perdana, mohon doanya" kata H Ujang Talib. 

""Kita targetkan pelayaran perdana dalam bulan-bulan depan. Nanti kita launching lagi," tambah dia. 

Diterangkan dia, kapal ekspres Al Firdaus Barokah Satu ini dapat di isi penumpang sebanyak 75 orang penumpang plus kru kapal. 

Dengan waktu tempuh perjalanan antara Ketapang ke Pontianak memakan waktu sekitar 4-5 jam. 

Ia mengatakan, lokasi sandar sekaligus tempat keberangkatan dan kedatangan ekpress Al Firdaus Barokah ini berada di pelabuhan pendaratan ikan (PPI) di desa Sukabangun Dalam Ketapang

"Pelabuhan ini sekaligus sebagai tempat keberangkatan expres kita," ujarnya. 

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya belum membuka pembelian tiket secara online. Masyarakat bisa mendapatkan tiket dengan mendatangi langsung ke kantor pelayanan yakni di Jalan S Parman depan Kantor Camat Delta Pawan kelurahan Sukaharja Ketapang.

Oleh:  Muzahidin
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini